Bosan Menunggu? Segera Atasi!


Bosan Menunggu? Segera Atasi!

Oleh Kaspriliani

Seseorang menunggu di stasiun. (Dokumen pribadi)

“Kuakan menanti meski harus penantian panjang”. Masih ingat sepenggal lagu ini? Ya, ini lagu yang berjudul Kutetap Menanti yang dipopulerkan oleh Nikita Willy dalam album Lebih Dari Indah yang rilis pada 2012 lalu. Tapi, bukan lagu ini yang akan kita bahas, melainkan satu kata dalam judulnya yaitu, menanti.

Menanti atau yang bersinonim menunggu ini merupakan kegiatan yang cukup membosankan. Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kata “menunggu” berarti tinggal beberapa saat di suatu tempat dan mengharap sesuatu akan terjadi (datang) atau menantikan (sesuatu yang mesti datang atau terjadi). Kesimpulannya, menunggu berarti tetap berada di suatu tempat hingga seseorang tiba atau sesuatu terjadi.

Ada banyak hal yang mengharuskan kita menunggu. Misalnya, menunggu kereta di stasiun, menunggu kerabat di bandara, menunggu jemputan di halte, bahkan menunggu obat di apotek. Menunggu atau menanti memang membosankan, tapi penulis akan bagikan tips atau hal apa saja yang dapat dilakukan ketika menunggu. Tips ini berdasarkan pengalaman penulis. Jadi, tenang saja karena hal-hal berikut ini tidak sulit dilakukan.

1.    Bermain gawai
Kegiatan satu ini sudah pasti banyak dilakukan oleh banyak orang yang sedang menunggu. Tak terkecuali kita sendiri. Ya, dengan gawai banyak hal dapat dilakukan mulai dari memeriksa pesan di akun media sosial hingga bermain games. Selain itu, bagi sebagian orang gawai ini dapat digunakan untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang harus dikirim secepatnya melalui e-mail. Semua hal dapat dilakukan dengan gawai apalagi bila tersedia wi-fi.

2.    Membaca
Selain bermain gawai, banyak pula orang yang menghabiskan waktu saat menunggu dengan membaca. Entah itu, surat kabar, novel, komik, hingga kertas-kertas atau buku-buku materi pelajaran. Untuk yang hal terakhir yang penulis sebutkan ini, biasanya dilakukan oleh para pelajar dan mahasiswa di masa-masa ujian.

3.    Makan
Bila harus berangkat pagi dan tak sempat sarapan, kita juga bisa memakan roti. Tak heran, di beberapa stasiun tersedia kios yang menjajakan roti. Tak hanya roti, terkadang siomay, batagor, atau cilor pun menjadi teman sebagian orang saat sedang menunggu. Biasanya jajanan seperti itu dikonsumsi saat siang atau sore hari.

4.    Berbincang dengan seseorang
Bila sedang bersama teman, keluarga, atau pasangan biasanya menunggu menjadi tak membosankan karena ada pribadi yang dapat diajak bicara. Tapi, jika hanya seorang diri, cobalah ajak bicara orang di sebelahmu. Kalimat pertama yang biasanya dilontarkan ialah, “Mau ke mana?” Dari sebuah pertanyaan itu, biasanya pertanyaan-pertanyaan lain pun akan keluar secara otomatis. Tapi, terkadang percakapan putus di kalimat pertama.

5.    Potong kuku tangan
Mungkin ini agak unik dan jarang menjumpai orang yang sedang memotong kuku tangan di tempat umum. Tapi, kegiatan ini cukup efektif untuk membasmi kebosanan saat sedang menunggu. Penulis sendiri pun telah membuktikannya. Suara ctik, ctik, saat kuku terpotong dapat menghilangkan keheningan di saat menunggu.

6.    Nonton
Bagi penggemar drama Korea, hal ini sering dilakukan ketika menunggu. Tak hanya drama Korea, sebagian orang berselancar di situs atau aplikasi Youtube untuk menghabiskan waktu saat menunggu atau menanti. Anak-anak balita pun yang menangis karena bosan, bila disuguhkan tayangan anak, tangisnya pun akan terhenti.

7.    Mendengarkan musik
Sudah banyak layanan atau aplikasi yang menyediakan musik atau lagu-lagu secara gratis. Tanpa perlu diunduh, lagu dapat dimainkan di telinga kita dengan alat penghubung yakni, headset atau earphone. Biasanya aplikasi pemutar musik ini membutuhkan koneksi internet atau kita dapat memainkan musik yang tersimpan di memori ponsel tanpa perlu jaringan internet.

Demikian ketujuh hal yang dapat menghilangkan kebosanan saat sedang menunggu. Selain ketujuh hal di atas, masih banyak lagi kegiatan yang dapat dilakukan untuk menghabiskan waktu menunggu. Tapi, ketujuh hal ini ampuh mengatasi kebosanan saat menunggu. Bila tertarik, silakan dicoba…




Dikutip dari berbagai sumber.

Comments

Menarik

Makalah Proses Komunikasi

Pencetakan E-KTP Massal

Review: Individualist Ms. Ji-Young