“Bagaimana Cara Memperoleh Berkat?”



“Bagaimana Cara Memperoleh Berkat?”
 
Illustrasi. (FOTO: www.warungsatekamu.org)
Nats: Keluaran 23:25

Kutipan firman:
Firman Tuhan kali ini mengatakan kita harus beribadah kepada Tuhan. Kenapa dikatakan harus? Karena di dalam ibadah mengandung janji. Janji apa itu? Janjinya ialah sebuah berkat. Berkat itu terbagi menjadi dua, yaitu:
1.      Berkat Rohani             : berkat pemeliharaan Tuhan/ada damai sejahtera.
2.      Berkat Jasmani           : kesehatan

Pertanyaannya, bagaimana caranya kita bisa mendapatkan berkat? Kita akan mendapatkan berkat apabila kita mendengarkan firman Tuhan (Ulangan 11:26-28).
Contoh tokoh Alkitab yang mendapat berkat ialah:
1.      Bapa Abraham
Kenapa ia bisa mendapat berkat? Karena ia sungguh-sungguh percaya kepada Tuhan. Dalam Imamat 25:21 mengatakan bahwa Tuhan akan memerintahkan berkat kepada kita. Untuk itulah kita harus menjadi berkat bagi orang lain. Misalnya seperti apa? Misalnya, ada teman yang mengatakan kata-kata yang tidak pantas, kita lalu mengingatkannya. Jika ia marah, tak apa, karena tugas kita hanyalah mengingatkan.
2.       Yusuf (Kejadian 39:5)
Ia diberkati Tuhan, yakni ia menjadi orang nomor dua di Mesir, padahal ia sudah mengalami banyak penderitaan. Mulai dari dibenci oleh saudara-saudaranya, kemudian dimasukkan ke dalam sumur oleh mereka, belum puas sampai di situ, mereka kemudian menjualnya. Secara manusiawi, wajar saja jika ia mengeluh atau bahkan marah pada Tuhan. Tapi, ia memilih untuk tetap mengikuti prosesnya Tuhan hingga akhirnya ia diangkat oleh Tuhan.

Roma 12:14 berkata, “Berkatilah siapa yang menganiaya kamu, berkatilah & jangan mengutuk!” Kenapa kita harus memberkati orang yang telah berbuat jahat pada kita? Karena, “Berkat ada di atas kepala orang benar..,” (Amsal 10:6). Jadi, sudah siapkah kamu menerima berkat hari ini?

Selamat Hari Minggu. Tuhan memberkati..

Comments

Menarik

Makalah Proses Komunikasi

Pencetakan E-KTP Massal

Review: Individualist Ms. Ji-Young